Kamis, 13 Mei 2010

Review Game : 2010 FIFA World Cup South Africa

2010 FIFA World Cup South Africa

Release Date              27 April 2010
ESRB Rating              Everyone
Genre                         Sport Simulation
Publisher                     EA Sports
Developer                  Electronic Arts
Console                     PlayStation 3, PSP, Wii, Xbox 360

Menjelang Piala Dunia 2010, tidak heran apabila semua perusahaan-perusahaan game yang bergelut di bidang olahraga mulai mengeluarkan game andalan mereka dengan topik FIFA 2010. Salah satu perusahaan tersebut sudah tentu adalah EA Sports, perusahaan yang cukup berhasil dengan franchise miliknya, FIFA. Mereka baru saja merilis 2010 FIFA World Cup South Africa, game yang memang menggunakan tema utama Piala Dunia 2010 ini. Secara garis besar, game ini sendiri memiliki mekanisme permainan yang tidak berbeda apabila dibandingkan dengan FIFA 2010. Tapi mengingat kali ini adalah salah satu even olahraga terbesar yang pernah diselenggarakan di dunia, tampaknya tidak ada salahnya untuk mengeluarkan satu lagi game FIFA lain dengan tema tersebut.


Permainannya sendiri tergolong cukup halus dan mulus. Grafisnya kualitas tinggi dan ketajaman gambarnya sangat teramat bagus. Bahkan seluruh pesepakbola yang ada dalam game ini bisa mengeluarkan banyak sekali teknik-teknik yang sangat mengagumkan tanpa terlihat aneh seperti halnya dalam game-game sepakbola versi arcade. Tapi yang paling menarik disini adalah kenyataan bahwa semua elemen dalam game ini telah dibaurkan dengan atmosfer World Cup 2010 yang cukup kental.

Seperti biasa, sebagus-bagusnya sebuah game dibuat, sudah pasti ada juga kekurangannya. Memang benar, gagasan untuk memperlihatkan bagaimana reaksi para hakim garis, reaksi para penonton yang berteriak kegirangan ataupun kecewa cukup bagus dan tepat untuk membuat game ini terasa nyata. Kenyataannya, memang hasilnya cukup memuaskan. Tapi kesalahan pada EA kali ini adalah mereka terlalu menonjolkan elemen di luar permainan itu sendiri dan menurut kami agak sedikit disayangkan. Belum lagi kenyataan bahwa antara permainan dengan adegan para pendukung tersebut, terdapat sebuah waktu loading yang terlampau cepat. Pada akhirnya, terkesan kita sedang disuguhkan dengan adegan para pendukung yang bersorak sorai daripada permainan sepakbola itu sendiri.



Untunglah di luar semua itu, permainannya terlihat sempurna. Para pendukung terlihat begitu ramai dan supportif, sehingga menunjukkan bahwa pendukung-pendukungnya itu benar-benar merupakan pendukung sejati. Belum lagi ditambah dengan sang komentatornya yang kali ini tidak akan mengutarakan kalimat-kalimat yang sama berulang-ulang. Komentator yang ada kali ini bisa mengutarakan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan biasanya. Kami agak kesulitan untuk menjelaskan yang satu ini dan kami rasa satu-satunya cara bagi gamer untuk bisa mengerti hanyalah dengan cara membeli game ini dan memainkannya sendiri.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, semua elemen dalam game ini telah menggunakan elemen 2010 FIFA World Cup South Africa. Mulai dari desain awal menu sampai dengan maskot dari Piala Dunia 2010, Zakumi (yang selalu muncul di saat kamu sedang menunggu loading), semuanya benar-benar membuat atmosfer game ini kental dengan atmosfer Piala Dunia 2010.



Tambahan lain yang menjadi salah satu menu utama dalam permainan ini adalah kenyataan bahwa kamu bisa memilih satu dari 199 negara yang ada dan memainkan mereka hingga mencapa babak kualifikasi dan bahkan sampai dengan tahap memenangkan Piala Dunia 2010. Kamu bisa mencoba peruntungan kamu dengan menggunakan tim mana saja yang ada dan mencoba memenangkan Piala Dunia 2010 atau kamu juga bisa mencoba mode Story of Qualifying dan lihat apakah kamu bisa mengukir kembali sejarah yang sudah tercatat ini. 

Salah satu perubahan dalam 2010 FIFA World Cup South Africa ini adalah munculnya mode Captain Your Country, yang mana bisa dikatakan sebagai mode yang tidak jauh berbeda dengan mode Be A Pro dalam FIFA 2010. Dalam mode tersebut, kamu hanya bisa berperan sebagai salah satu pemain saja dan karakter ini bisa kamu ciptakan sendiri di 2010 FIFA World Cup, kamu ambil dari hasil save data kamu di FIFA 2010 Virtual Pro ataupun menggunakan karakter yang sudah tersedia. Walau dengan bonus atribut yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan Be A Pro, game ini tetap cukup menarik untuk dimainkan.


Untuk permainannya sendiri, game ini benar-benar berhasil memperlihatkan apa yang seharusnya diperlihatkan dalam sebuah game pertandingan sepakbola. Ada sedikit perkembangan yang diimplementasikan dalam game tersebut dan semuanya berjalan dengan sempurna. Yang kami maksud disini adalah cara para pesepakbola tersebut bergerak dan bereaksi terhadap situasi dan kondisi yang ada di hadapan mereka. Sama sekali tidak ada kekurangan apapun, kecuali kadang ada sedikit animasi yang terlihat kurang bagus dan kadang terlihat sedikit lag. Tapi secara garis besar, game ini sudah memperlihatkan apa yang seharusnya diperlihatkan oleh sebuah game sepakbola yang bagus.

Walau begitu, salah satu masalah lain yang juga menurut kami agak sedikit mengecewakan kami adalah kenyataan bahwa AI yang digunakan dalam game ini kadang kurang responsif. Sering sekali saat kamu berhadapan dengan bola lepas yang tidak sedang dibawa oleh siapapun, komputer hanya akan berdiam diri saja dan melihat bola itu lewat di depannya. Intinya, apabila bola itu tidak diberikan kepadanya, maka ia hanya akan menganggap bola tersebut sebagai sebuah benda yang tidak berhubungan dengan dirinya.



Yah, secara garis besar, sekali lagi, kami menganggap game ini sebagai sebuah game yang cukup bagus tapi kami rasa apabila diberikan lebih banyak kebebasan dalam permainan (kebebasan mengatur permainan ataupun melakukan kustomisasi), mungkin game tersebut akan menjadi jauh lebih bagus lagi. Nah, apabila kamu tidak tertarik untuk mengikuti salah satu ajang sepakbola paling bergengsi di dunia ini, kamu juga bisa mencoba memainkan game ini secara online dan berhadapan dengan gamer lain yang ada di luar sana. Atau kalau kamu kurang begitu suka juga dengan mode permainan online, kamu juga bisa memainkan game ini dalam partai pertandingan biasa. Cukup banyak bukan fitur yang ditawarkan dalam game ini?

Komentar terakhir dari kami, kami hanya bisa mengatakan bahwa 2010 FIFA World Cup ini merupakan sebuah game sepakbola yang sangat menakjubkan. Ada banyak sekali kejutan-kejutan dalam bagaimana game ini dibawakan dan dikemas ke dalam sebuah game sehingga membuat kita serasa seperti sedang melihat acara Piala Dunia 2010 yang sesungguhnya. Baik bagi kamu yang bukan pesepakbola sejati maupun pesepakbola sejati, kami hanya bisa mengatakan, pergi dan belilah game ini. Kami sangat merekomendasikannya.





Sumber : http://kotakgame.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar